Artikel
25 Januari 2015 | 14:41 wib Home » Artikel » Detail

Mari Membumikan Qur’an dalam Hidup Kita

image

Membaca Quran


Tausiyah oleh Ustadz Ari Purbono

 

Syukurnya orang ternyata berbanding lurus dengan kefahaman terhadap Al-qur’an, semakin paham maka semakin bersyukur atas nikmat Allah SWT. Bersama Al Qur'an, maka kita akan menikmati hidup seperti dalam Qs Ar Rohman yang mengajak kita tidak ingkar kepada nikmat Allah, yaitu nikmat Qur'an.

Kedekatan dengan Qur'an kunci ketenangan dan solusi permasalahan hidup manusia, saat menjelang menikah, banyak diantara kita yang menikah dengan mahar seperangkat alat sholat dan Qur'an, mahar itu sudah tepat, tetapi kadang kita lupa makna hakikinya. Maknanya adalah bahwa suami harus memberi contoh istri baca Qur'an dan sholat, jika tidak, kita bisa berdosa.

Alquran harus menjadi hobi dan kesibukan utama kita, jangan sekali – kali meninggalkan membaca Alquran, karena jika ini dilakukan terus menerus, kita akan terbiasa tidak membaca Alquran, ini celaka.

Ada satu kisah menarik tentang Alquran, bahwa kedekatan Usman Bin Afan membuat malaikat cemburu. Malam, siang dan malam beliau selalu bersama Alquran, maka kita pun harus demikian, cemburu dengan ahlul quran.

Bersama Alquran adalah ibadah bagi yang membaca dan mendengarkannya. Qur'an harus dihati dan jiwa kita, sederhana, sudahkah kita membaca Qur'an? Kita semua yakin ada Qur'an dirumah. Akan tetapi, kadang kita lebih sering bersama HP.

Ada suatu kisah ketika ulama perintis Ponpes Tahfiz Qur'an KH Munawar Jogja pernah ditanya, “kenapa kemana mana selalu ngaji Qur'an?, jawab Sang Kyai : karena bersama Qur'an adalah bentuk ketaatan dan berbaktinya kepada Orang tua.”

Sementara, imam Besar Masjidil haram, Muhammad Al Maqi masih muda umur 40 an tahun berlatar belakang S1 matematika bacaan Qur'annya sangat indah. Lalu, bagaimana kita, istri dan anak - anak kita ke depan kalau jauh dari Qur'an? Maka saatnya kita harus kembali bersama Qur'an.

Mari kita biasakan di rumah, kantor bersama Qur'an. Tilawah minimal 1 juz per hari, dengarkan dan ajarkan anak dengan Qur'an. Rumah kita isi dengan bacaan Qur'an. Kadang kita ribut kalau koran terlambat, tapi tidak pernah ribut saat lupa baca Qur'an.

Perlu diketahu, rumah megah yg tidak pernah ada bacaan Qur'an ibarat kuburan yang paling menyeramkan, mau rumah kita jadi kuburan menyeramkan? Tinggalkan Qur'an dan kau akan dapati rumahmu penuh kedengkian dan percekcokan.

Mau rumah kita penuh berkah? Jangan lupa baca dan baca Qur'an. Kedamaian dan kehangatan akan selalu diberika Allah.  Nikmatnya bersama Qur'an tidak bisa dirasakan oleh orang - orang yang tidak bersama Qur'an.

Lalu, tips membaca Quran adalah selalu memperbanyak membaca Qur'an. KH Munawar pernah katam 3x dlm sehari smp bibirnya berdarah. Selanjutnya, menjadikan Qur'an sbg pedoman hidup kita sehari. Jika ada masalah? Apa kata Qur'an? Kembalikan kepada Qur'an, semua ada jawabnya.

 

Tips selanjutnya adalah menjadikan Qur'an akhlak kita dalam hidup. Perkataan, perbuatan mari kembalikan kepada Qur'an. 

( Ped )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id