Artikel
23 Nopember 2015 | 15:18 wib Home » Artikel » Detail

Mengeja Indahnya Perjuangan


TENGARAN, PKS Jateng Online - Menang kalah itu sudah ada yang menulis, tapi melihat geliat semangat kader dalam menapaki jalan ikhtiar, sungguh laiknya gerojogan oase di hati yang kerontang. Derap langkah yang berpadu dengan cucuran keringat, senyum riang yang selalu mengiring perasaan tanpa beban, seolah sedang menertawakan keangkuhan yang selama ini tak sadar mulai tumbuh berurat dan berakar : tanpa uang, bisa apa?

Hari itu, semua terhampar ringan melayang, seperti ada malaikat yang membimbing di kiri dan kanan. Keceriaan menapaki jalan jalan sunyi, seolah sedang menyusuri suasana di era awal awal dakwah ini, kenangan itu tiba tiba hadir menyeruak kembali di masa kini. Baksos, Direct selling, Pengobatan gratis, memungut sampah...Demi Allah, Demi Tuhanku, aku rindu suasana itu.

Menang kalah itu sudah ada yang menggurat. Tapi melihat saweran infaq ala kader malam itu, sungguh menghentak lapis terdalam batin ini. Tak sampai setengah jam, 160 juta terkumpul! Isu ketidak pedulian, kebakhilan berbalut hedonisme, atau apapun yang selama ini pekak di telinga, hancur lebur dalam sesaat. Tak hendak menjura bertamsil, tapi sejenak seperti diri di bawa ke alam lain, kala para sahabat rasul berbuncah berebut memberi derma menjelang berangkat perang, lalu tinggallah sebagian yang menggugu haru, musababnya tak punya sesuatupun buat di dermakan di jalan perjuangan.

Aku tahu, malam itu, mereka yang berderma 5 juta, 10 juta, sampai 20 juta, bukanlah saudagar yang tak butuh uang. Mereka juga orang biasa yang tak mesti berkecukupan. Tapi ruh berjuang itu telah memarak bak nyala api, membakar semua keangkuhan akan kebutuhan pribadi. maka begitu ringannya komitmen sedekah itu keluar dari mulut mereka yang mulia itu : brul brul brul.

Menang kalah itu sudah ada yang berkehendak. Tapi untunglah, hidup ini tak sependek menang kalah pilkada. Di tiga hari yang dahsyat menggelora itu, sebuah persaksian agung tentang ukhuwwah dan persaudaraan berserunai nyaring. Bukan, aku yakin bukan semata karena taklimat, atawa niat ingsun menggugurkan kewajiban. Tapi benar benar lahir dari ketulusan menunaikan perjuangan, idep-idep ikut berkontribusi meski tak seberapa, berharap semoga gurunda tercinta bisa sukses dalam pilkada esok.

Katakanlah semua berawal dari rasa dipaksa, tapi akhirnya berujung pada badai gelora semangat. Maka gelombang kesertaan itu meruah dari Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, sampai Demak dan Kudus. Sungguh, Kebersatuan yang merindukan. Jika bukan karena ukhuwwah, buat apa repot repot menempuh jarak, pakai registrasi pula. Jika bukan karena ukhuwwah, sengkarut aktifitas di daerah masing masing cukuplah menjadi hujjah untuk lari menghindar. Tapi kali ini, semua enggan yang semula menggelayut itu mendadak sirna.

Duhai, indahnya hidup dan berjuang tanpa rasa enggan. Jika masih ada yang bergumam, kader PKS dan ikhwah tak lagi seperti dulu, tiga hari MPK kemarin cukuplah jadi jawaban bahwa gumam itu sama sekali tak beralasan. Bersedihlah mereka yang urung berangkat.

Menang dan kalah itu sudah ada yang menyurat. dan untuk perjuangan yang sudah sampai di batas lelah, tak ada alasan untuk mengecewai takdir yang terhampar kelak. Kepada-Nya lah semua amal hendak berpulang. Terima kasih untuk tiga hari yang menggelora, semoga ianya meruah rinai menyebar ke segenap penjuru medan dakwah. Wallahul musta'aan.

Refleksi MPK MAZU Semarang, Nopember 2015

(M.As'ad Mahmud, Lc - Kader PKS Tengaran)

 

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id