Artikel
04 Mei 2016 | 10:46 wib Home » Artikel » Detail

Sepiring Gado-Gado penuh Inspirasi

image

Ilustrasi Gado-Gado. (satujam.com)


Penulis: Nunik Fitriyah (Pegiat Literasi Boyolali)

Hampir semua orang tahu dan pernah merasakan lezatnya menu makanan gado-gado. Potongan kentang, buncis, wortel, tempe goreng, tahu goreng, irisan kol, telur, sambal kacang, ditaburi bawang goreng dan krupuk sebagai topingnya. Menu yang sekilas tampak sederhana, namun menjanjikan kelezatan yang menggoda selera dan kelengkapan gizi yang nyaris sempurna.

Kunci dari kelezatan gado-gado sebenarnya hanya satu, yaitu kebersamaan mereka. Meski masing-masing mempunyai ciri dan nama yang berbeda, mereka bersatu dalam wadah yang sama, saling melengkapi cita rasa. Kita tidak akan tertarik lagi dengan gado-gado kalau isinya hanya potongan buncis saja, atau irisan kol, atau wortel.

Begitu juga dalam sebuah organisasi, bermasyarakat, dan di tempat kerja. Organisasi terdiri dari anggota-anggota yang mempunyai karakter dan potensi yang beragam. Ada si pendiam tapi sangat loyal, si kreatif yang sangat kaya akan ide-ide brilliantnya, sang motivator yang ulung dalam membangkitkan semangat rekannya. Pun ada pula anggota yang -sekilas nampak- hanya mampu menyiapkan segelas kopi panas, ketika yang lain rapat sampai tengah malam.

Sementara, bisa jadi dalam seduhan kopi itulah terselip keberkahan yang luar biasa karena ketulusan hati si pembuat. Tak ketinggalan  anggota yang dicap menyebalkan karena bisanya hanya berkomentar dan menyalahkan. Padahal sejatinya keberadaan dia justru mendidik yang lain untuk bersikap lapang dada.

Kita tidak bisa membayangkan, jika dalam sebuah organisasi, semua ingin menjadi leader, ingin tampil di depan, ingin didengarkan, ingin dipatuhi. Tentu organisasi tersebut tidak akan mampu move on bahkan akan mencapai titik keruntuhannya.

Organisasi, bermasyarakat, dan tempat kerja ibarat gado-gado. Keberadaan satu dengan yang lain saling mendukung dan melengkapi dalam mengusung cita-cita dan harapan semua anggotanya.

( Haa )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id