Artikel
29 Juli 2016 | 08:44 wib Home » Artikel » Detail

Siapa Sih Orang Paling Bahagia? [Taujih Habib Salim]

image

Oleh Habib Salim Segaf Al Jufrie
Ketua Majelis Syuro PKS

Sering kali muncul pertanyaan "Sebenarnya bahagia itu seperti apa?". Sebuah pertanyaan sederhana tetapi tidak mudah untuk dijawab.

kalau kita tanya ke masyarakat umum, orang yang bahagia itu apa? Beberapa orang akan mengatakan bahwa orang bahagia itu adalah orang yang paling kaya, punya mobil banyak, punya rumah besar, jabatan tinggi, dan lain sebagainya.

Secara umum masyarakat beranggapan bahwa orang yang bahagia itu identik dengan kemewahan. Tapi tahukah kita bahwa di negara - negara makmur seperti jepang dan beberapa negara di eropa paling banyak masyarakatnya bunuh diri, padahal harta mereka miliki.

Bahkan kita juga paham, berapa banyak mereka yang kaya tidak mungkin bisa tidur tanpa minum pil dan tablet untuk bisa tidur. Dan berapa banyak mereka yang pas - pasan dan miskin mau tidur dimana saja bisa.

Jadi kemiskinan itu sendiri, belum tentu membuat orang itu menjadi tidak bahagia. Dan Kemewahan belum tentu mampu menjadikan seseorang itu sebagai orang paling bahagia di dunia.

Dan kita sepakat bahwa orang yang paling bahagia didunia ini adalah Muhammad SAW. Padahal pernah dalam suatu riwayat Aisyah ra bahwa pernah dirumah beliau hampir sebulan kadang - kadang dua bulan tidak ada asap yang mengepul didapur beliau karena tidak ada yang bisa untuk di masaka.Tetapi beliaulah manusia paling bahagia di dunia, Nabi Muhammad SAW.

Oleh karena itu kebahagiaan itu tidak ada kaitannya dengan harta, kekayaan, bahkan kemewahan. Bahkan Allah SWT sendiri menjelaskan bahwa manusia yang paling nyaman jiwanya adalah mereka yang senantiasa berdzikir kepada Allah SWT.

الا بذكر الله تطمئن القلوب
 Hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram.
QS. Ar-Ra'd: 28

Orang kaya tetapi tidak senantiasa berdzikir kepada Allah maka hidupnya tidak nyaman, apalagi orang miskin. Jadi orang yang bahagia itu karena didalam hatinya ada ketenangan, ketentraman jiwa.

( Haa )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id