Artikel
05 Agustus 2016 | 14:54 wib Home » Artikel » Detail

Dibalik Permainan Tradisional Anak ada Pelatihan Kepemimpinan

image

Pementasan Puisi Oleh Anak - Anak (RPF-Wonogiri)


Oleh: Idho Nofrida

 

PKS Jateng Online - Sebagai sebuah organisasi politik besar di Indonesia, sudah sepantasnya Partai Keadilan Sejahtera menurunkan ide dan gagasannya mengenai Indonesia kepada generasi selanjutnya. Hal tersebut bisa dilakukan melalui sebuah pelatihan atau pendidikan kepada pemuda indonesia.

Lazimnya pelatihan, diadakan indoor dan outdoor. Penyajian materi dilengkapi dengan seperangkat tayangan slide lewat LCD, sekaligus berbagai games yang dikemas apik. Tujuannya tak lain adalah optimalisasi seluruh organ tubuh untuk menyerap info.

Dalam rangkaian acara Halal Bi Halal DPD PKS yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan se-Wonogiri ini, anak - anak mendapatkan porsi pelatihan tersendiri untuk setiap jenjang usia sejak batita hingga remaja tak luput dari "proyek akbar" persiapan regenerasi ini.

Adalah Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Wonogiri dan perkumpulan Anak Kader yang menggawanginya. Ajang bermain dan pementasan di atas panggung dijadikan sebagai sarana proses pelatihan itu. Sepertinya terdengar berlebihan, namun sebenarnya amatlah logis bahwa dibalik permainan yang dilakukan oleh anak adalah pelatihan kepemimpinan bagi mereka.

Jika diamati, beberapa permainan untuk usia batita sampai dengan SD bernuansakan optimalisasi daya imajinasi dan kreatifitas. Sebutlah play dough. Permainan membuat berbagai tiruan benda ini melatih otak kanan untuk bekerja maksimal. Bagaimana membuat bentuk es krim, rumah, sate, buah, dll. Pun puzzle tikarnya. Sebagian anak menyulapnya menjadi kubus, rumah-rumahan, jalan setapak di tengah taman, bahkan kursi goyang! Dahsyat, bukan? Begitu juga dengan kereta kuda tiruannya. Membuat mereka membayangkan sedang menjadi seorang sais kereta.

Bermain Bersama menggunakan lilin
Anak Anak Bermain lilin Bersama sama (RPF-Wonogiri)

Selain itu, dalam permainan menembak bekas wadah agar-agar, anak-anak dilatih berkonsentrasi penuh. Fokus. Sekaligus mengenal olahraga yang mirip dengan panahan ini. Sunnah Rasul-Nya.


Bermain Bakiak Tandem Bersama (RPF-Wonogiri)

Sementara, bakiak tandem mengajarkan tentang pentingnya kerjasama, kekompakan serta pengaturan strategi kelompok. Ini tidak bisa dipisahkan dalam proses kepemimpinan. Ego yang berlebihan akan mampu menghancurleburkan kereta organisasi. Muflis. Bangkrut.

Uji keberanian dan percaya diripun menyeruak saat beberapa anak - anak melantunkan parade tahfidzul Qur'an serta puisi syahdu. Berdiri dan disaksikan ratusan pasang mata membutuhkan mental baja, karena grogi dan stres berpeluang besar untuk merajalela. Seorang pemimpin yang peragu, mudah panik dan percaya dirinya rendah akan mudah sekali digoyang oleh musuh. Bagaimana ia akan mengayomi orang-orang yang dipimpinnya jika mengayomi dirinya sendiripun tak mampu.

Semua permainan tadi sebenarnya bermuara pada satu hal, yaitu goal setting. Pemimpin harus memiliki visi dan misi yang jelas atas kepemimpinannya. Mau dibawa ke mana orang-orang yang dipimpinnya. Tak sekedar dilantik dan memiliki program kerja tetapi menjadi seseorang yang memiliki mimpi, visioner, dilandasi dengan kesadaran yang tak bertepi.

Inshaa Allah sekian tahun ke depan kader muda PKS siap menerima tongkat estafet kepemimpinan itu. Dengan segenap ikhtiar dan izin-Nya. Oleh karena itu, mari para orang tua sekalian ajak anak - anak kita untuk bermain di luar dan jauhkan dari permainan gadget dan teknologi sejenak.

( Haa )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id