Artikel
05 Oktober 2016 | 08:32 wib Home » Artikel » Detail

Tas Kamal Fauzi dan Dinginnya Gunung Lawu

image

Gurat wajahnya menggambarkan keletihan namun KH Kamal Fauzi tetap melangkahkan kakinya menyusuri Hutan Lawu dalam KBN 2 PKS Jateng ed


Karanganyar, PKS Jateng Online - Taman Hutan Raya KGPAA Mangkunegoro ramai dan penuh dengan gelora semangat membara, pasalnya lokasi yang berada di kaki gunung Lawu Karanganyar itu menjadi tempat Kemah Bakti Nusantara (KBN) 2 Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah. Saat fajar menyingsing dari balik bukit yang membelakangi area berkumpul, Tampak dari kejauhan sosok laki - laki yang begitu familiar dikalangan kader PKS Jawa Tengah.

Beliau adalah KH Kamal Fauzi, laki - laki yang kini tengah memimpin PKS di Jawa Tengah, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng. Ia berjalan santai menuju instrukur KBN 2 PKS Jateng sembari menyapa beberapa orang yang menghampirinya.

Laki - laki yang sudah pantas memiliki cucu itu tidak hanya datang untuk memantau atau membuka acara KBN 2 PKS Jateng saja, akan tetapi juga mendaftarkan diri untuk mengikuti acara tersebut dan menjadi relawan PKS Jateng.

Seperti kader PKS lainnya, Kamal memenuhi setiap kewajiban yang diberikan instruktur Kemah. Apakah itu peralatan yang dibawa, administrasi, dan aktivitas selama kegiatan sebagaimana peserta lainnya.

Hujan dan dinginnya angin yang berhembus diantara dedaunan pohon hutan serta pohon ilalang tak menyurutkan langkah kakinya untuk mengikuti setiap agenda yang diselenggarakan Instruktur. Padahal Kondisi fisik beliau yang sudah tidak muda lagi dan memiliki penyakit Asma yang ketika dingin menyerang akan mempengaruhi tubuh.

"Tatkala beliau berjalan mendaki , harus berhenti sejenak kemudian melanjutkan perjalanan. Berhenti lagi, untuk mengumpulkan kekuatan, Kemudian baru melanjutkan perjalanan lagi." terang Aji Suryo, Ketua DPD PKS Pekalongan yang ikut dalam acara KBN 2 PKS Jateng dengan penuh haru.

KH Kamal Fauzi Memberikan Arahan dalam KBN 2 PKS Jateng

Aji menceritakan bahwa selama dalam perjalanan menyusuri hutan Gunung Lawu, dirinya tidak meminta bantuan berlebihan selain berhenti sejenak untuk mengistiratkan diri dan kemudian melangkahkan kaki kembali untuk membelah hutan yang dingin dengan jalan yang berlumut.

Ketika beberapa kader yang lain meminta bantuan untuk membawakan tasnya kepada yang peserta lainnya, Kamal tidak meminta peserta lain untuk membawakan tasnya walaupun dirinya adalah orang no. 1 di PKS Jawa Tengah.

"AllahuAkbar, Semoga kesehatan Allah limpahkan untuk KH Kamal. Waktu itu ada yang meminta tas beliau untuk di bawakan, beliau tidak mau. Beliau tetap membawa sendiri, dan mengatakan 'Tidak usah, saya masih kuat. Bismillah'. Subhanallah. Beliau terus maju sampai akhir." Cerita Aji dengan mata yang berkaca - kaca.

Kamal menyelesaikan perjalan turun naik tebing Gunung Lawu dengan di guyur hujan deras. Dengan segala keterbatasan fisik dan kemampuannya walau beliau sakit asma, beliau selesiakan agenda dengan tanpa keluhan.

Aji teringat pesan KH Kamal disela - sela aktivitas KBN 2 PKS Jateng, Shalat itu jika dikerjakan dengan khusyu akan membeikan pengaruh. Agenda KBN 2 juga, jika kita lakukan dengan segenap potensi akan memberikan pengaruh positif pada diri kita. Nabi adalah sosok yang kuat, usia 40 belum perang, usia 50 belum jihad, dan baru bertarung di usia 54 tahun sampai sebelum wafatnya.

"Beliau bercerita, bahwa KH Kamal sudah ikut agenda semacam KBN sejak tahun 1991, bahkan dulu (Kata beliau) setahun bisa diadakan sebanyak 2 kali. Dan ternyata beliau baru absen satu kali sampai sekarang. Subhanallah. Dan kalau kita mau berkaca, Astaghfirullah." tutur Aji dengan rasa malu dan haru.

KH Kamal Fauzi Mendapatkan Jagung untuk sarapan dan makan siang

Kamal Mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh instruktur KBN 2 PKS Jateng, mulai dari datang ba'da Subuh pada hari jum'at 30 September 2016, Materi, Susur Hutan, hingga acara selesai.

Agenda rutin yang diselenggarakan oleh Bidang Kepanduan dan Olahraga ini adalah salah satu acara yang berbalut dengan fisik dan bela negara. Kamal mengikutinya dengan suka rela dan mengikuti apa yang disampaikan oleh instruktur.

Ketika yang peserta yang lain makan dengan Jagung untuk mengganjal perut, Kamal juga mendapatkan yang sama dan suka rela menikmatinya sebagai pengganti sarapan dan makan siang. Ketika istirahat, sebagaimana peserta yang lainnya, Ia bersandar dengan tanah dan rerumputan serta beratapkan langit dan berteman tenangnya Hutan Kaki Gunung Lawu.

KH Kamal Fauzi Bercengkrama Dengan Hadi Santoso (Kabid Humas PKS Jateng) Paska Susur Hutan Lawu

( Haa )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id