Artikel
05 Oktober 2016 | 12:18 wib Home » Artikel » Detail

Dirman, Haram Menyerah Bagi Tentara

image

Pak Dirman seorang Jenderal berwatak keras dalam memegang teguh prinsipnya. Kadangkala Pak Dirman tidak kenal kompromi dengan segala keputusan-keputusan yang telah dipilihnya. Termasuk, ketika Pak Dirman harus hijrah dari Yogyakarta pasca Agresi Militer 1. Kala itu Pak Dirman bernafas menggunakan satu paru-paru tersebab penyakit TBC yang dideritanya.
.
.
Panglima Besar sudah terikat sumpah: haram menyerah bagi tentara. Karena ikrar inilah ia menolak ajakan Presiden Soekarno untuk berdiam di Yogyakarta. Ia memimpin gerilya selama delapan bulan dengan ditandu, ia keluar masuk hutan.
.
.
Panglima Besar jebolan Hizbul Wathan kepanduan Muhammadiyah itu adalah pemimpin yang shalih. Dalam keterbatasannya, ia tak luput tunaikan sunnah dhuha. Pak Dirman tak ditempa dengan pendidikan tinggi militer, Ia hanyalah jebolan PETA bentukan jepang. Namun, ia memiliki kecerdasan taktik yang membuat musuh kelimpungan menghendus arah gerak gerilyanya.
.
.
Serangan Umum Yogyakarta adalah ide briliannya di tengah kekosongan pemimpin negeri ini. Soekarno dan Hatta sudah terlanjur diasingkan saat Agresi Militer 1. Berawal dari secarik surat untuk Sri Sultan Hamengkubuwono IX, ide itu dicanangkan. Pak Harto ditunjuk sebagai eksekutornya.
.
.
SU Yogyakarta meraih gilang gemilang kemenangan. Gairah perwakilan Indonesia di PBB menggeliat. Mata dunia kembali tertuju pada Indonesia, bahwa republik ini masih ada. 
.
.
Pak Dirman, mantan guru, dan peletak dasar kultur TNI yang ironisnya dulu sempat berkata, "Saya cacat, tak layak masuk tentara." Pak Dirman ingin mengajarkan kepada kita betapa keterbatasan bukan halangan untuk berkorban secara maksimal dengan kemampuan dan semangat yang dimiliki. Pak Dirman meneladankan kepada militer di negeri kita, bahwa menjadi aparatur keamanan negara bukan alasan untuk lepaskan keshalihan pada masing-masing diri.
.
.
Dirgahayu ke-71 Tentara Nasional Indonesia

( Ibalh / Haa )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id