Artikel
19 Desember 2016 | 00:12 wib Home » Artikel » Detail

Teruntuk Ustadz Antoni, Fisikmu Boleh Pergi, Tapi Kau Tetap Hidup dalam Jiwa dan Pikiran Kami

image

SEMARANG, PKS Jateng Online – Sungguh sebuah kabar yang sangat mengejutkan, terutama bagi para pejuang dakwah di Jawa Tengah. Hari ini, di bulan yang baik, bulan kelahiran Nabi yang dirindukan, satu pejuang telah pergi meninggalkan dunia yang fana. Namanya Antoni Dwi Arnanda, pria yang merupakan alumni jurusan ilmu kelautan, Fakultas Kelautan dan Ilmu Perikanan Universitas Diponegoro ini pada hari Ahad (18/12/2016) kembali ke hadirat Allah Azza Wa Jalla.

Kepergian pria kurus yang sudah lama malang melintang di dunia dakwah sejak 1998 ini tak pelak meninggalkan duka mendalam bagi segenap kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), khususnya di Jawa Tengah. Banyak cerita menarik dan inspiratif dari sosok yang lahir di Temanggung ini. seperti yang dituturkan beberapa sahabat dan rekan dakwah Antoni.

Arief Eka Atmaja misalnya, pria yang juga humas Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Kota Semarang ini mengenal Antoni sejak tahun 2003 saat kuliah di semarang.

“Beliau dikenal sebagai kader dengan hafalan quran diatas rata-rata, karena kemampuannya, ia sering di undang sebagai guru tahsin, karena bacaan yang nyaris sempurna, ia sering membantu untuk melakukan ruqiiah, sangat lekat pak Antoni dengan quran dan Ruqiah,”kenang Arief Eka melalui akun facebooknya.

Arief Eka pun mengaku bahwa saat berinteraksi intens saat menjadi binaannya pada tahun 2008, Antoni sangat perhatian, tausiahnya istimewa, tegas tapi tidak kaku.

“Saya kembali berinteraksi dengan beliau cukup intens saat saya menjadi karyawan di LSM yang ia bentuk, pak Antoni bagian dari sejarah hidup saya, beliaulah yang mengantar saya bertemu calon mertua saat itu, selamat jalan Ustad, semoga Allah memberikan tempat terbaik, kami menjadi saksi bahwa dirimu orang yang sholeh,”jelasnya.

Seorang murid Antoni lainnya, Rio Risnaldi juga mengenang perjalanan bersama pria yang mengemban amanah terakhirnya menjadi Sekretaris Bidang Pemenangan Pemilu dan Pemilukada (BP3) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng ini.

“Engkau adalah hujan yang jatuh dan suburkan bumi, dan kami adalah rerumputan yang kini tumbuh dari saripati tetes airmu, engkau adalah teriknya mentari yang hangatkan pagi dan kami adalah bunga-bunga kecil yang saat itu mulai mekar menanti hangatnya sinarmu,”kenang Rio mengenang perjalanan dirinya dengan Antoni, melalui akun facebooknya.

Rio menyebut bahwa sosok Antoni adalah guru terbaik, penasehat dan sekaligus sahabat.

“Dan kami adalah murid-muridmu, wadah kosong yang selalu engkau tuang dengan ilmu, dan kini, walaupun hujan itu kembali turun, namun nyatanya kami menangis, karena hujan yang biasanya turun..tak akan kembali lagi, teriknya mentari berganti dengan awan mendung dipelupuk mata kami, kami menangis, namun kami tetap bersyukur, karena kami sempat mengenalmu, menerima dengan baik dan meneruskan semua yang engkau berikan, selamat jalan Pak Ustad Antoni Dwi Arnanda, semoga amal baik, amal sholeh dan amal dakwahmu menjadi peringan langkah engkau menuju surgaNya...Amiien,”paparnya.

Tak ketinggalan, dua sahabat terbaik semasa berdakwah di kampus Undip, Hadi Santoso (Wakil Ketua Komisi D DPRD Jateng) dan Riyono (Anggota Komisi B DPRD Jateng) juga sangat bersedih dengan kenyataan bahwa sahabat terbaik tersebut pergi.

“Antoni engkau tetap hidup dalam jiwa dan pikiran kami semua saudaramu di jalan dakwah ini. Kami semua bangga atas segala pengorbanan dan kesetiannmu bersama dakwah ini. Semoga kita bertemu di JannahNya,”demikian kata Riyono.

“7 semester aku bersamamu, dan sejak saat itu aku tahu engkau orang baik... Selamat jalan Saudaraku, Insya Alloh kita ketemu di Jannah-Nya,”Hadi Santoso menambahkan.

Sebagai informasi, Antoni adalah salah satu pengurus DPW PKS Jateng yang mengemban amanah di sekretaris BP3. Ditengah kesibukan dakwah untuk mempersiapkan pemenangan Pemilu di Jateng, Antoni mengidap penyakit Tuberkulosis (TBC atau TB) yang merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang disebabkan oleh bakteri.

Hingga akhirnya membuat Antoni harus dirawat di rumah sakit. Sempat kembali sehat dan beraktivitas kembali, Antoni harus beristirahat total. Mengalami kondisi tak sadar sejak Sabtu (18/12/2016), Antoni akhirnya meninggal dunia pada Ahad (19/12/2016) di paviliaun Garuda, Rumah Sakit DR Kariadi Semarang. Antoni dimakamkan di kampung halamannya di Dusun Krajan, Desa Salamsari Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung, Ahad (19/12/2016) malam WIB.

Pria yang selalu bersiap siaga, menyusun detil demi detil persiapan pemenangan PKS di Jateng itu kini telah kembali ke haribaa Illahi. Tak banyak mungkin yang mengetahuinya, dibalik keberhasilan pemenangan PKS di sejumlah daerah, disitulah sosok Antoni berperan. Tentu selain sejuta amal lain yang menjadi pemberat timbangan Antoni menuju ke jannah-Nya.

 

Meski fisiknya telah pergi, tak kan sia-sia perjuangannya. Menjadi Inspirasi bagi kami untuk selalu istiqomah di jalan ini. Selamat jalan Ustadz Antoni.

( Ped )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id