Berita
26 Nopember 2016 | 10:22 wib Home » Berita » Detail

Jamal: Standart Pengangkatan dan Kelayakan Hidup Guru Tidak Jelas

image

Jamaluddin, Anggota DPRD Prov Jawa Tengah dan Ketua Bidang Pembinaan Umat DPW PKS Jateng (Foto - PKSJateng)


Semarang, PKS Jateng Online – Dalam penyelenggaraan amanat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, penyelenggara pendidikan makin hari kurang memiliki standar yang jelas terkait pengengkatan guru bantu untuk mengisi kekurangan guru. Salah satu pegiat pendidikan di Magelang, Jamaluddin beranggapan bahwa yang bisa menyelesaikan permasalahan itu adalah pemerintah dengan membuat regulasi yang jelas mengenai pengangkatan dan penerimaan jaminan kelayakan hidup guru.

Menurut Jamal, ketidak jelasan standart pengangkatan tenaga pendidik mengakibatkan kurang optimalnya peran guru dalam melakukan fungsi dan tugasnya. karena, tidak sedikit guru yang diangkat nantinya hanya akan mendapatkan upah sedikit dan jauh dari kata cukup untuk hidup, Jum'at (25/11/2016).

"Guru harus dibebaskan dari beban kebutuhan hidupnya, jadi guru hanya fokus untuk mendidik anak - anaknya. Kan sekarang banyak yang guru itu cuma jadi kerja sambilan, dia fokus di pekerjaan lain, karena dia cuman dapat 200 ribu dari mengajar." terang Anggota Dewan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Provinsi Jawa Tengah itu.

Jamal menjelaskan bahwa pendidikan Indonesia yang stagnan ini dikarenakan salah satu faktornya adalah fokus guru yang terpecah antara mendidik dan melangsungkan kehidupan keluarganya. Sedangkan guru honorer akan sangat dipaksakan bekerja apa saja untuk membantu berbagai macam tugas yang mungkin diluar tugas mendidiknya, karena tidak adanya batasan yang jelas mengenai pekerjaan honorer tersebut.

Tentang sistem guru dan kelayakan hidup, Jamal mencontohkan bahwa dulu kehidupan guru ditangung, contohnya ada pondok pesantren yang menyediakan tempat tinggal dan kebutuhan sehari - hari guru - gurunya sehingga upah yang diterima diluar dari kebutuhan harian. Ada juga dalam sebuah masjid yang menyediakan tempat tinggal, kebutuhan harian dan upah untuk guru Agama Islam.

"Ini adalah salah satu gambaran bagaimana regulasi yang jelas terkait guru dan kehibupan layak, jadi ngga asal. Tapikan itu tidak disemua yayasan, sekolah, dan penyelenggara pendidikan. Makanya ini yang bisa menyelesaikan pemerintah, biar jelas, kalau tidak ya muter - muter disini terus," kata Jamal.

Berdasarkan data dari Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud tahun 2015, mencatat hingga saat ini masih terdapat 1.338.150 guru yang berstatus Non PNS dari sekolah negeri maupun swasta. Guru Non PNS yang dimaksudkan adalah Guru Bantu 5.257 orang, Guru Honor Daerah (Guru Honda) 107.614 orang, Guru Tetap Yayasan (GTY) 504.155 orang dan Guru Tidak Tetap (GTT) 721.124 orang.

( Haa )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id