Berita
01 Desember 2016 | 08:41 wib Home » Berita » Detail

Satu RW satu Bank Sampah, Solusi Alternatif Persampahan Kota Surakarta

image

Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta Sugeng Hariyadi Berfoto dengan pegiat bank sampah di Surakarta saat reses


Surakarta, PKS Jateng Online - Wakil Ketua Komisi III DPRD Surakarta, Sugeng Riyanto mendorong pemerintah kota Surakarta untuk membuat satu bank sampah satu RW. Hal tersebut diperlukan mengingat jumlah sampah yang kian hari kian banyak di kota Surakarta.

Menurut Sugeng dengan adanya bank sampah di dalam satu kampung akan mempermudah kontrol sampah dan meningkatkan sisi ekonomi masyarakat. Saat ini Setidaknya telah ada 50 bank sampah di Surakarta yang tidak hanya membantu meminimalisir jumlah sampah tetapi juga menyulapnya menjadi barang yang punya nilai jual.

“Sudah ada 50-an bank sampah di Solo. Mereka sudah punya produk seperti pupuk cair organik, pupuk padat organik, berbagai kerajinan tangan dan beragam jenis sampah yang bisa didaur ulang,” terang dia setelah melakukan diskusi dengan pegiat bank sampah mengenai dunia persampahan di kota Surakarta, Sabtu (26/11/2016).

Sugeng menegaskan bahwa bank sampah merupakan salah satu solusi alternatif yang sudah ada percontohannya, dan akan menjadi bagian solusi persampahan kota jika pemerintah kota Surakarta bisa memberi dukungan nyata.

Politikus PKS itu mengatakan, pemkot bisa melakukan edukasi secara massif ke masyarakat sehinga tiap RW minimal memiliki satu bank sampah. Para aktivis tersebut hendaknya ditingkatkan kemampuan mereka sehingga ada banyak produk yang dihasilkan.

Pemkot juga sebaiknya melakukan monitoring dan evaluasi. Setelah itu, pemkot dapat memberikan dukungan untuk penjualan produk bank sampah.

( haa )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id