Berita
20 Januari 2017 | 09:07 wib Home » Berita » Detail

Pemandangan Umum Laporan Reses Fraksi PKS Semarang Masa Sidang III Tahun 2016

image

Semarang, PKS Jateng Online - Fraksi PKS menghadiri sidang paripurna di ruang paripurna  dengan agenda pembahasan (1) Penetapan perubahan peraturan DPRD Kota Semarang No. 1 tahun 2016 tentang perubahan tata tertib DPRD Kota Semarang, (2) Penyampaian hasil reses masa sidang III tahun 2016. Berikut pemandangan umum Fraksi PKS yang disampaikan oleh Bapak Imam Mardjuki, S.Sos :

” Assalamu’alaikum warahamtullahi wabarakaatuh

Sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat Ketua dan Para Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Semarang

Yang kami hormati Saudara Walikota dan Wakil Walikota Semarang

Yang kami hormati Sekertaris Daerah Kota Semarang

Para anggota DPRD Kota Semarang, jajaran pemerintahan Kota Semarang, rekan-rekan media, dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Alhamdulillahirabbil ‘alamin,  Puji Syukur kehadirat Allah atas nikmat dan karuninNya, semoga kita termasuk orang orang yang bersyukur.

Shalawat dan salam kepada nabi Allah, Muhammad saw. Semoga kita termasuk dari sebagian orang yang mendapatkan syafaatnya kelak. Sejahtera untuk kita semua.

Hadirin yang kami hormati

Reses adalah salah satu sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam rangka mewujudkan pembangunan Kota Semarang yang lebih baik dan aspiratif.  Dukungan masyarakat terhadap pembangunan sangat dibutuhkan,  sehingga apa-apa yang menjadi harapan masyarakat patut untuk dijadikan perhatian oleh kita semuanya selaku wakil rakyat.  Untuk itu ijinkanlah kami,  fraksi Partai Keadilan Sejahtera menyampaikan hasil rangkuman aspirasi masyarakat yang kami peroleh saat kegiatan reses pada masa sidang ke III tahun 2016.

Persoalan-persoalan Perkotaan secara umum tidak jauh berbeda dengan keluhan masyarakat di masa reses sebelumnya,  paling tidak ada 3 persoalan utama yaitu penanganan banjir, pelayanan transportasi umum dan maraknya kejahatan di perkotaan. Persoalan banjir rob masih membutuhkan penanganan yang ekstra dari pemerintah Kota Semarang, meskipun demikian kami mengapresiasi langkah pemerintah Kota Semarang yang selama ini dapat mengurangi dampak banjir terutama di Semarang Timur dan jalan Pantura, namun demikian untuk jangka panjang,  persoalan banjir harus diupayakan lebih baik lagi.

Dalam persoalan transportasi,  masyarakat juga mengeluhkan fasilitas pelayanan BRT yang kurang baik,  misalnya sudah mulai banyak koridor-koridor yang rusak, BRT yang mogok, pencurian roda BRT yang saat ini masih dalam proses penyelidikan polisi dan waktu tunggu BRT yang masih lama. Ditambah lagi dengan mulai tingginya kebutuhan masyarakat akan BRT membuat BRT menjadi penuh sesak. Dalam rangka meningkatkan pengguna transportasi umum khususnya BRT. Namun demikian kami mengapresiasi atas upaya pemerintah Kota Semarang menambah koridor BRT untuk meningkatkan jaringan yang lebih luas.

Hadirin yang kami hormati

Selain persoalan diatas,  kami masing-masing anggota dewan juga telah merangkum beberapa persoalan yang muncul di masyarakat yang di aspirasikan oleh warga masyarakat. Beberapa aspirasi masyarakat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sering terjadi kecelakaan ditanjakan Silayur Kecamatan Ngaliyan. Untuk itu Pemerintah Kota harus membuat jalur penyelamatan disekitar lokasi untuk menghindari kecelakaan apabila ada kendaraan yang rem blong.
  2. Di kecamatan Ngaliyan sudah mulai tumbuh banyak perumahan, namun belum disertai dengan fasilitas transportasi yang memadai.  Volume kendaraan akan semakin meningkat,  untuk itu warga masyarakat mengharapkan BRT masuk ke pemukiman warga.
  3. Perlunya ada renovasi pasar Mijen dan Ngaliyan karena kedua pasar yang merupakan aset pemerintah ini kondisinya perlu perbaikan.
  4. Banjir yang terjadi di Dinar Indah dan GMA 3 cukup meresahkan warga masyarakat sehingga perlu ada penanganan oleh pemerintah kota, selain itu warga juga memberikan usulan relokasi lahan.
  5. Untuk menambah keselamatan, perlu adanya JPO (Jembatan Penyebrangan Orang) di beberapa ruas jalan raya, beberapa diantaranya di pasar Mangkang dan di depan Sekolah-sekolah yang berada di Jalan Nasional.
  6. Pemerintah segera melakukan pendataan sungai-sungai yang melewati permukiman warga dan mengetahui kondisi sungai, berdasarkan laporan sungai-sungai sudah mengalami sedimentasi tinggi,  untuk itu perlu segera dilakukan pengerukan.
  7. Penyerahan Fasos/Fasum (PSU) pada kawasan perumahan oleh pengembang kepada pemerintah kota belum banyak dilakukan, dan  butuh perhatian khusus.
  8. Pemerintah Kota agar segera menuntaskan pekerjaan betonisasi Jalan Wolter Monginsidi serta pembangunan median jalan di tengahnya. Untuk menambah penghijauan, Pemerintah Kota agar menanam pohon di media jalan sebagaimana sudah dilakukan di jalan-jalan lain.
  9. Selesainya pembangunan Jembatan Gotong Royong yang menghubungkan Kelurahan Gemah Kecamatan Pedurungan dan Kelurahan Sendangguwo Kecamatan Tembalang mendapatkan acungan jempol dari warga karena transportasi dan aktivitas sehari-hari lebih lancar. Namun warga mengkhawatirkan karena kondisinya gelap sehingga rawan tindak kejahatan, apalagi setelah lampu-lampu kecil di jembatan banyak dicuri. Oleh karena itu warga meminta agar di kedua ujung jembatan dibangun lampu penerangan jalan (merkuri) sehingga suasana jalan di jembatan menjadi terang dan aman.
  10. Betonisasi Jalan Kyai Syakir Raya Kelurahan Tlogosari Wetan Kecamatan Pedurungan mendapatkan antusiasme warga. Namun betonisasi menyisakan persoalan karena kondisi ketiga jalan gang yakni Jl Kyai Syakir I, II dan III menjadi lebih rendah dari jalan raya. Karena itu Pemerintah Kota agar menyempurnakan dengan betonisasi Jl Kyai Syakir I, II dan III.

Demikian beberapa rangkuman aspirasi dan usulan warga masyarakat yang kami anggap perlu untuk menjadi perhatian pemerintah Kota,  semoga aspirasi hasil ini dapat memberikan tambaham data dan informasibdalam rangka melakukan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di Kota Semarang agar lebih baik.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. “

( Haa )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id