Berita
23 Januari 2017 | 13:19 wib Home » Berita » Detail

Nyamik Ajak Pegiat Perkebunan Tanam Lada

image

Nyamik Anggota DPRD Wongiri Fraksi PKS memberikan paparan mengenai perkembangan perkebunan Lada di Jatipurno (PKSFoto - Yudi)


Wonogiri, PKS Jateng Online - Menjawab keluhan sebagian besar petani perkebunan di Jatipurno Wonogiri, Nyamik Saptari mengajak masyarakat untuk mengembangkan perkebunan lada. Hal tersebut disampaikan Nyamik di dusun Mener, Jatipurno saat menemui pegiat perkebunan Wonogiri, Sabtu (21/01/2017).

“Setelah kami mempelajari dan mencari penjelasan dari beberapa pakar ternyata kita bisa mengembangkan tanaman perkebunan alternatif yaitu lada (mrica), ini juga dikarenakan seluruh wilayah jatipurno cocok untuk budidaya tanaman lada." terang Anggota DPRD Wonogiri dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera itu.

Nyamik juga menjelaskan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk mengembangkan perkebunan lada di Jatipurno lebih murah daripada Cengkeh yang cenderung mahal dan harga anjlok saat musim panen. Hingga saat ini cengkeh masih menjadi primadona di lahan perkebunan, akan tetapi harga jual tidak stabil dan ada indikasi adanya permainan tengkulak.

"Ada salah satu oknum yang mencanangkan bantuan bibit cengkeh besar - besaran, dengan bantuan pendampingan. Dan itu yang membuat saya khawatir 5 tahun kedepan harga cengkah akan anjlok karena stok yg sangat melimpah ruah, dan ada yang memonopolinya," ujar Nyamik.

Lebih lanjut Nyamik membandingkan harga jual cengkeh yang cenderung tak menentu dengan biaya pengeluaran besar dengan harga jual lada yang stabil dengan biaya cenderung lebih murah.

Selain mengajak masyarakat khususnya pentani untuk mengembangka tanaman lada, pertemuan yang di hadiri petani juga anggota FMPP(Forum Masyarakat Peduli Petani) ini sekaligus sebagai sarana serap aspirasi dari masyarakat dan rutin di tempat lainnya.

( Haa )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id