Berita
29 Januari 2017 | 09:18 wib Home » Berita » Detail

PKS Lestarikan Budaya Adiluhung

image

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid dan dalang Ki Sri Kuncoro


Jakarta, PKS Jateng Online - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Dr Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa sejatinya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan salah satu lembaga yang sejak lama mencanangkan diri mengusung budaya adiluhung Indonesia.

Menurutnya hal tersebut ditunjukkan melalui agenda - agenda yang dibawakan PKS untuk masyarakat selalu berusaha memperhatikan aspek - aspek pendidikan budaya adiluhung setempat.

"Tidak kali ini saja kita menggelar pagelaran Wayang, di beberapa daerah kita juga kita selenggarakan. Niat kita untuk melestarikan seni dan budaya Nusantara." Terang Hidayat saat membuka pegelaran wayang dengan lakon "Semar Mbangun Kahyangan" di halaman DPP PKS, Jln Tb Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1/2017).

Hidayat melanjutkan bahkan, sejak partai ini berdiri dengan nama Partai Keadilan, salah satu misinya adalah melestarikan budaya Indonesia yang adiluhung.PKS, lanjut dia, pernah memberikan penghargaan bidang kebudayaan kepada dalang Ki Manteb Sudarsono. 
 
Selain itu, saat menjadi ketua MPR, dirinya bersama Yusuf Ashari yang saat itu menjabat menteri perumahan rakyat didaulat menjadi penasihat Persatuan Dalang Indonesia (Pepadi). "Jadi dalam sejarah orang PKS pernah menjadi penasihat Pepadi," ungkap Wakil Ketua MPR RI itu.
 
Selain itu, saat Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PKS di Yogyakarta 2011 juga digelar beberapa sajian budaya. Salah satunya pagelaran wayang dengan dalang Ki Manteb Sudarsono. "Jadi hubungan PKS dengan wayang dan seni budaya pada umumnya sudah lama," tegas Hidayat.
 
Terlebih, ungkap Hidayat, dalam perspektif penyebaran Islam di Nusantara, wayang memegang peranan penting. "Islam bukan menjadi penghalang budaya. Kita mengerti wayang menjadi sarana Islam di Tanah Jawa," ujar dia.

( Haa )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id