Berita
31 Maret 2011 | 20:02 wib Home » Berita » Detail

PKS Jateng Siapkan 4.000 Pengusaha Baru

image

Besarnya jumlah pengangguran di Indonesia memantik DPP PKS untuk memberikan solusi dengan membentuk wirausaha-wirausaha baru. Program nasional ini mulai disosialisasikan ke tingkat provinsi, dalam hal ini DPW PKS Jawa Tengah mengadakan Rakorwil Bidang Ekonomi dan Workshop Kewirausahaan pada hari Sabtu (26/3).

Hadir langsung Ketua Bidang Ekonomi DPP PKS Jazuli dan Bambang Nugroho pakar praktisi Neuro Lingustic Program  sebagai pembicara. DPW PKS Jawa Tengah sendiri mentargetkan untuk membentuk 4.000 wirausaha baru dari target 1 juta pengusaha di tingkat nasional.

Program PKS ini sebagai respon bayaknya pengangguran di Indonesia. Menyadari hal tersebut, gerak cepat dilakukan. Diawali dengan survey dan pengumpulan data. Untuk ekonomi yang  berimbang di Indonesia, seharusnya minimal ada 2% pengusaha, namun kenyataanya saat ini jumlah wirausaha di Indonesia tidak lebih dari 0,05%. Oleh karena itu diperlukan pembentukan wirausaha baru dalam jumlah yang besar.

Menurut Edi Faisol, ketua bidang ekonomi DPW PKS Jateng, jajaran pengurus siap memberdayakan kader dan masyarakat dalam mengoptimalkan sarana yang ada. Kegiatan semacam ini sebenarnya sudah banyak dilakukan beberapa BUMN dengan CSR mereka. “Ini coba disinergiskan agar antara pemiilik modal, calon wirausahawan dan juga pangsa pasar, tentunya juga dalam rangka menyiapkan diri menghadapi pasar bebas. Jangan sampai semua barang kita impor.”

Menurut Bambang Nugroho hanya ada 1% penduduk kaya di Amerika Serikat dan 74% nya adalah pengusaha. Namun cukup sulit agar wirausaha baru bisa bertahan sampai tahun kesepuluh, hanya 5% setiap tahunnya usaha baru yang mampu bertahan. Ini menjadi pelajaran bagi rakyat Indonesia bahwa membentuk pengusaha-pengusaha baru adalah solusi, namun bukan tanpa tantangan dan resiko.

Usaha yang dibangun akan bergerak di sector UMKM, karena mengincar langsung pemberdayaan masyarakat kecil. Harapannya bisa semacam padat karya yang terlaksana secara simultan ditengah-tengah masyarakat.

( PKS Jateng )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id