Berita
31 Maret 2011 | 21:29 wib Home » Berita » Detail

Relawan PKS bersihkan rumah warga dari pasir muntahan lahar dingin

image

Sejumlah relawan PKS turun langsung ke daerah bencana luapan lahar dingin. Salah satu daerah yang terkena amukan dahsyatnya curahan lahar dingin adalah  kecamatan Sawangan, Kab Magelang. Tepatnya dusun Gununglemah, desa Gondowangi, kec Sawangan. Terlihat sejumlah relawan dari PKS bahu membahu bersama warga membersihkan rumah yang tertimbun pasir lahar dingin.

Menurut Budiman(44) kepanduan DPC Gedawang, saat ini sebanyak 35 relawan sedang berbaur membantu masyarakat. “Sejak pagi, mas! Kita sudah disini,” katanya kepada Tim Media DPW PKS Jateng. Budiman menyatakan, targetnya hari ini bisa menyelesaikan membersihkan rumah yang terkena pasir lahar dingin, selanjutnya akan melihat situasi dan kondisi.

 “Yang jelas, yang dibutuhkan saat ini setidaknya sembako dan sejumlah “pegangan” uang. Karena memang tinggal baju dibadan,” tambahnya.

Di dusun Gununglemah terdapat 3 rumah yang tersapu lahar dingin dan 2 rumah yang terendam pasir lahar dingin. “Kebetulan ini pas belokan sungai, saking besarnya aliran, arus tidak ikut alur sungan tapi mbablas, meluber mengenai lahan pertanian dan trumah warga,” tambah salah seorang warga. Korban Ponijan yang rumahnya rata dengan tanah sementara tinggal di tempat tetangga. Hal serupa dialami juga oleh Muksin Rusdi.

Alur sungai sendiri bertambah puluhan meter. Sungai menjadi 20 kali lebarnya dibanding dengan aliran air normal. Kejadian ini kontan menarik perhatian warga dari kampung sebelah. Warga berduyun duyun ingin melihat sisa jejak lahar dingin. Nampak pula truk truk pasir yang mernganggkut pasir yang dibawa lahar dingin.

Selain merusak rumah, banjir lahar kali ini juga merusak beberapa lahan pertabian. “Dari sungai, mbablas ke kebun baru ke rumah warga, Kata Budiman.

( PKS Jateng )

Berita Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024-8311244 Email: info@pksjateng.or.id