Telp: 024-70776373 | Email: fraksi@pksjateng.or.id | Twitter: @fpksjateng | FB: fraksi pksjateng



Riyono: Potensi Ikan Tawar Perlu Dikembangkan

image

SEMARANG, PKS Jateng Online – Pemprov Jateng diminta untuk lebih memaksimalkan potensi dan produksi ikan tawar yang ada di perairan darat. Sebab, selama ini ikan di Jateng lebih banyak dari hasil laut, sehingga produksi ikan darat belum maksimal. Padahal, potensi perikanan air tawar di darat sangat besar ketika digarap dengan maksimal.

Anggota Komisi B DPRD Jateng, Riyono menilai, potensi ikan yang ada di laut memang sangat besar, tetapi harusnya pemprov juga melirik potensi perikanan air tawar yang potensinya tidak kalah besar. Baik dari segi ekonomi maupun untuk meningkatkan produksi ikan di Jateng. ”Produksi ikan di laut mulai turun, harusnya yang didarat bisa digenjot. Karena selama ini masih belum diperhatikan,” katanya dalam diskusi ”Gemar Makan Ikan” yang digelar DPRD Jateng, kemarin.

Ia menambahkan, saat ini banyak persoalan yang dihadapi ketika berbicara potensi laut. Regulasi yang dibentuk dinilai justru tidak berpihak kepada nelayan yang menggantungkan hidup dari mencari ikan di laut. Seperti misalnya dengan adanya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (PermenKP) No 2/2015 tentang pelarangan alat tangkap cantrang. ”Ini membuktikan jika pemerintah masih belum berpihak kepada nelayan. Padahal mereka membutuhkan kesejahteraan untuk keluarganya,” ujarnya.

Berbagai kebijakan yang tidak memihak ini, jelas berimbas dengan semakin menurunnya hasil tangkapan atau produksi ikan di Jateng. Tingkat konsumsi ikan di Jateng rendah baru 22.37 kg per kapita per tahun. Sementara, konsumsi ikan 2015 sebanyak 20.9 kg per kapita per tahun. ”Meski naik 2 persen tetapi masih jauh dari harapan nasional yang ditarget Kementerian Kelautan dan Perikanan sebanyak 40-70 kg per kapita/ per tahun,” tambahnya.

Kepala Lembaga Pengujian dan Pengawasan Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Semarang, Sri Astuti mengatakan, rendahnya tingkat konsumsi ikan di Jateng menjadi perhatian serius. Pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan. Di antaranya dengan mendirikan Forum Peningkatan Sadar Mutu Karantina Ikan (Formikan) Jawa Tengah sebagai upaya menanggulangi persoalan tersebut. ”Kami juga terus mengampanyekan kepada masyarakat agar mengonsumsi produk perikanan yang sehat dan berkualitas. Ini menjadi penting mengingat masyarakat yang telah mengonsumsi ikan tak banyak yang tahu apakah produk perikanan tersebut cukup sehat dan berkualitas dari hulu sampai hilir,” katanya.

Selain itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga sudah membuat program 1.000 hari konsumsi ikan untuk anak-anak. Masyarakat terutama ibu hamil diajak untuk mengonsumsi ikan sampai 1.000 hari sejak janin di dalam kandungan. ”Ketika konsumsi ikan meningkat ini juga pasti akan berimbas kepada kesejahteraan dan peningkatan perekonomian masyarakat atau nelayan. Kami juga sedang menggarap perikanan darat atau air tawar,” tambahnya.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisbank, Alimudin Rizal Muzaki mengatakan untuk meningkatkan konsumsi ikan di Jateng harus dimulai dari lingkungan keluarga. Orang tua harus bisa mengajari anak sedari kecil untuk senang konsumsi ikan. Sebab, kebiasaan ini sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. ”Jika banyak yang mengonsumsi, tentu penjualan ikan akan meningkat. Dan pemprov harus bisa mulai memberikan kesadaran sedini mungkin,” tambahnya.

Sumber: Radar Semarang

( Ped )

Baca Lainnya:

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…

Continue Reading »

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…

Continue Reading »

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…

Continue Reading »

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…

Continue Reading »

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

Continue Reading »