img

Untuk Jadi Kartini, Perempuan Aktif Harus Pandai Rawat Tubuh

img

Nyalon Bareng PKS Jateng

SEMARANG, PKS Jateng Online – Menjadi sosok kartini dan perempuan aktif adalah menjadi anugerah tersendiri. Karena bisa mengekspresikan karya denga bebas. Namun demikian, kartini dan perempuan yang aktif harus dibarengi dengan kepandaian dalam menjaga dan merawat tubuh. Demikian disampaikan pakar kecantikan muslimah dari Mutia Spa dan Salon Muslimah, Jalan Wolter Monginsidi, Kota Semarang, Kamis (21/4/2016).

 

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama bagi para perempuan muslimah yang aktif di lapangan, salah satunya para jurnalis perempuan, diantaranya adalah menyisir rambut dan perawatan wajah,”katanya saat menggelar workshop kecantikan untuk muslimah dengan Koalisi Jurnalis Perempuan (KJP) Jawa Tengah bekerja sama dengan Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jateng.

Menurut Lia, untuk meski berhijab, para perempuan muslimah harus tetap memastikan rambut tetap disisir.

“Sebelum menggunakan hijab, sebaiknya rambut disisir yang rapi, lalu dijepit. Alasannya, rambut disisir yang rapi agar peredaran darah lancar. Jadi beraktifitas seharian, tidak sakit kepala. Kemudian, Biasakan menyisir seblum tidur. Agar rambut juga rileks, sehingga peredaran darah lancar. Jika peredaran darah lancar, rambut sehat, tidak mudah rontok, kulit kepala juga sehat tidak berketombe,”jelasnya.

Selain itu, Lia menyampaiakn bahwa untuk jenis sisir, adalah yang giginya rapat dengan yang geriginya renggang, harus disesuaikan dengan yang rambutnya lebat, tipis atau berisi. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan rambut.

“Terkait dengan menyisir rambut, kebanyakan kita sebelum mulai keramas, jarang menyisir rambut. Ini cukup penting, karena akan membuat kekusutan dan bersihnya kurang maksimal,”ungkapnya.

Selain sisir, untuk perawatan, bisa membersihkan dengan dua langkah, yakni menggunakan susu pembersih dan face toner lebih baik ktimbang 1 langkah atau facial foam. “Karena face toner itu berfungsi menyeimbangkan PH. Fungsi ini belum bisa tergantikan oleh facial foam,”tandasnya.

Menurut Lia, dalam upaya menjaga penampilan agar selalu cantik, tentunya para wartawan yang notabene sering beraktifitas di luar ruangan harus memiliki perhatian khusus soal perawatan diri yang meliputi perawatan dari atas kepala hingga ujung kaki.

“Sering ditemukannya masalah yang dialami oleh orang-orang yang sering melakukan aktifitas di luar ruangan diantaranya adalah masalah rambut yakni ketombe, rambut berminyak dan rontok, selain itu juga terkait dengan masalah kulit wajah yang rentan terkena efek buruk sinar UV dan  polusi,” paparnya.

Menurut Lia, dalam upaya menangani keluhan para wanita yang sering beraktifitas di luar ruangan, pemilik Salon Mutia ini menyarankan agar para wanita ini melakukan perawatan rambut yakni paling tidak dua minggu sekali menggunakan hair mask dirumah atau dapat melakukan hair spa di salon.

 

“Dan untuk perawatan kulit wajah agar tetap terlihat bersih dan cerah, maka dapat melakukan facial ke salon minimal 1 bulan sekali, namun perlu diingat bahwa yang paling penting dalam menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari adalah dengan menggunakan pelembab dan sunblock saat akan beraktifitas di luar ruangan, dan juga rajin membersihkan wajah,” pungkasnya.

Agenda nyalon bareng dan workshop kecantikan ini digelar KJP-DPW PKS Jateng dalam rangka peringatan hari kartini pada hari ini, Kamis (21/4/2016).