img

PKS Siapkan Nama Cagub Jateng Setelah Pilkada 15 Februari

img

HADAPI PILGUB. Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman saat memberikan keterangan pers persiapan Pilgub Jateng, Jumat (10/2/2017) di Semarang. (Foto: TTsyuyoi Kun)

SEMARANG, PKS Jateng Online – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) segera melakukan persiapan pemenangan Pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2018 setelah Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Rabu (15/2/2017) mendatang. Kepastian tersebut disampaikan oleh Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman (MSI) saat berkunjung ke Semarang, Jumat (10/2/2017).

Menurut MSI, ada beberapa tahapan partainya dalam menentukan calon dalam sebuah kontestasi Pilkada. Hal itu sudah menjadi tradisi di PKS hingga pelaksanaan Pilkada serentak kali ini.

“Dalam menentukan calon kepala daerah, di PKS ada proses yang dilakukan, diantaranya survei internal, kemudian penjaringan awal dan akhirnya kemudiankita putuskan calon yang kita usung,”katanya.

Lebih lanjut, MSI mengatakan bahwa dalam tahap awal tersebut, partainya mengedepankan aspirasi dari kader, lalu kemudian diajukan kepada Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) untuk direkomendasikan calon yang akan diusung PKS.

“Sebagaimana yang terakhir, Jawa Barat juga sudah melaksanakan proses itu, yakni survei internal dengan calon yang disukai kader, baik dari internal PKS maupun eksternal, sehingga kita harapkan di Jateng juga akan segera dimulai,”ungkapnya.

PKS, kata MSI memastikan bahwa partainya menjadikan Pilgub Jateng sebagai prioritas untuk disukseskan dan dimenangkan. Hal itu mengingat Jateng adalah sebagai salah satu target lumbung suara PKS di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang.

“Yang jelas, tiga Pilgub di pulau Jawa pada 2018 menjadi prioritas dan penting untuk kami menangkan, yakni Pilgub Jabar, Pilgub Jateng dan Pilgub Jawa Timur,”tandasnya.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Jateng, KH Kamal Fauzi menyampaikan bahwa partainya akan mulai melakukan pembahasan terkait Pilgub setelah Pilkada serentak 15 Februari mendatang. Sebelumnya, kata Kamal, PKS juga sudah menjalin komunikasi terkait Pilgub dengan sejumlah partai, diantaranya PDI Perjuangan.

“Arahnya, pada intinya di Pilgub nanti mengerucut beberapa nama, namun kita belum tahu, dan habis Pilkada (15 Februari-red) prosesnya akan segera dimulai, ditunggu saja,”kata Kamal.

Sebagai informasi, Pilkada serentak gelombang ketiga akan digelar pada Juni 2018 untuk kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2018 dan 2019. Pada periode ketiga tersebut, sebanyak 118 Pilkada serentak akan digelar, baik tingkat Kabupaten/Kota maupun tingkat Provinsi. Jateng adalah salah satu daerah yang akan menggelar Pilkada serentak gelombang ketiga tersebut.