img

KPU Jepara Harus Kawal Gugatan Pilkada di MK

img

JEPARA - Gelaran Pilkada Serentak 2017 telah usai dilaksanakan. Jepara merupakan salah satu daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak yang berjalan baik dan lancar.

Hanya saja ada pasangan calon menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait masalah hasil penghitungan jumlah suara. Dalam tinjauannya ke Kantor KPU Kab Jepara, Jumat (17/03/2017). Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah mengapresiasi kinerja jajaran Komisioner Jepara mengawal Pilkada Jepara dari awal hingga akhir.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi A, Amir Darmanto memuji kesigapan komisioner KPU  Jepara dan lebih menyiapkan segala sesuatu terkait gugatan di MK.

"Kinerja yang bagus ini tidak lepas dari kesigapan jajaran Komisioner KPU Jepara. Kami harapkan walau pilkada usai digelar, terkait gugatan-gugatan yang masuk di MK dipersiapkan secara matang termasuk data yang diajukan hingga penganggarannya. Semua dilakukan agar tidak terjadi ketimpalan dalam proses pengadilan di MK,” imbuh politikus PKS itu.

Senada dengan Amir, anggota Komisi A, Samsul Bahri mengatakan puas atas kinerja KPU dan apresiatif mau mengawal gugatan sampai ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kinerja Jajaran Komisioner KPU Jepara bisa dikatakan cukup baik dan perlu diapreasi dalam pengawalan proses Pilkada berlangsung. Kami memuji hingga pengadaan logistik keperluan Pilkada di kepualan Jepara terorganisir sedemikian rupa. Hingga menyewa helikopter dalam.pendistribusian itu merupakan langkah yang tepat mengingat kondisi cuaca saat itu sedang ekstrem. Sampai pengawalan dan pendampingan gugatan salah satu paslon hingga sampai ke MK," tukas legislator asal Golkar tersebut.

Menanggapi pernyataan tersebut, Sofyan Zuhri selaku komisioner KPU Jepara mengatakan, semua sudah terkoordinasikan dengan baik hingga permasalahan terkecil seperti logistik. "Termasuk logistik di Kepulauan Karimunjawa telah rencanakan dengan matang. Mengingat kondisi cuaca sangat tidak bersabahat maka kami putuskan untuk menggunakan helikopter sebagai sarana distribusi," imbunya.

Mengenai gugatan MK dari salah satu paslon, Sofyan Zuhri sudah menyiapkan tim hingga penganggarannya. (setyo/priyanto)

Sumber: wartalegislatif DPRD Jateng