img

DPR Desak Pemerintah Serius Garap Sektor Pariwisata

img

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat membuka pelatian SDM Kepariwisataan di Tegal Rabu (16/08)

PKS Jateng Online - Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Abdul Fikri Faqih mendesak pemerintah untuk serius menggarap sektor pariwisata. Hal ini ia sampaikan saat membuka pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan di Kota Tegal, Rabu (15/08) pagi.

Menurutnya, pariwisata merupakan sektor yang potensial untuk menjadi sumber devisa negara. " Tahun 2017 pariwisata menumbang devisa kedua terbesar. Pemerintah harus serius untuk mengembangkan pariwisata agar dapat menopang pemasukan negara." jelasnya.

Selain itu, menurutnya, pengembangan pariwisata adalah yang paling murah dan efisien dibandingkan sektor lain.
Ia menyebut sektor pariwisata hanya kalah dengan minyak sawit dalam kontribusi bagi devisa pada tahun 2017.

Fikri yang juga merupakan Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Jawa Tengah ini meminta pemerintah agar destinasi wisata daerah mulai dikembangkan. Kearifan lokal dan kuliner daerah, paparnya, harus digali dan dipromosikan sebagai daya tarik bagi turis lokal dan mancanegara.

Fikri mengingatkan pemerintah agar Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang dimanfaatkan sebagai ajang promosi pariwisata kepada dunia internasoional. " Asian Games tahun ini adalah momentum yang sangat baik untuk memromosikan kekayaan pariwisata kita. Agar dunia internasoional semakin mengenal Indonesia." pungkasnya.

Tahun 2017, pariwisata menyumbang devisa negara 16,8 miliar dolar amerika berdasarkan data kementerian pariwisata. Pada tahun 2018, pariwisata ditargetkan sebagai penyumbang devisa terbesar dengan pemasukan20 miliar dolar amerika.