img

Kredit Macet Bank Jateng, Riyono : Perlu Evaluasi Total

img

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah, H. Riyono, S.Kel., M.Si (Foto PKS Jateng)

Semarang, PKS Jateng Online - Komisi C DPRD Jawa Tengah saat mengevaluasi kinerja Bank Jateng Cabang DKI Jakarta, Jum'at (4/10/2019) menemukan adanya Kredit Macet yang nilainya nyaris Rp 1 Triliun. Permasalahan tersebut sudah terjadi sejak 2018.

"Ada temuan dari Komisi C berkaitan dengan kinerja Bank Jateng cabang DKI Jakarta yang kami nilai punya masalah serius berkaitan dengan Kredit macet yang nilainya hampir 1 Triliun yang disebabkan salah satunya adalah Kinerja Pimipinan yang lemah dalam proses pengawasan", Ujar Riyono saat ditemui di ruang rapat Komisi C.

Riyono melanjutkan, yang menjadi catatan penting berkaitan faktor penyebab yang paling dominan adalah tidak kompatibel nya Analisis Kredit dalam membaca atau memprediksi usaha yang sedang trend. Hal tersebut berdasarkan keterangan dari Debitur yang usaha nya mengalami penurunan dari segi omset.

"Target kinerja mereka di tahun ini harus menyelesaikan permasalahan yang sudah dinyatakan mengalami minus Rp. 390 Miliar. Ini harus menjadi catatan penting di tim Bank Jateng cabang DKI Jakarta dan harus ada evaluasi total", himbau politisi PKS itu.

Riyono menyampaikan, dari Bank Jateng Pusat sudah membentuk tim khusus seperti Pasukan Khas (PasKhas) namun sampai akhir tahun ternyata paskhas tidak mempu untuk menutup sekaligus mengembalikan uang kerugian.

"Iya minimal bisa mengembalikan uang kerugian Rp. 150 Miliar. Berarti ada hutang yang harus diselesaikan Bank Jateng kurang lebih 290 Miliar, jika ingin kinerjanya dinyatakan bagus", ungkapnya.

Pungkasnya Riyono mengatakan, perlu adanya evaluasi total dan jika diperlukan adanya restrukturisasi jajaran pimpinan yang lebih berkualitas dan mampu menerima tantangan untuk menuntaskan permasalahan di Bank Jateng cabang DKI. (UP)