Perempuan
04 Januari 2015 | 15:52 wib Home » Perempuan » Detail

Perempuan PKS Siap Terlibat Dalam Pencegahan HIV AIDS

image

Seminar HIV PKS Pemalang


PEMALANG, PKS Jateng Online-Tren penularan infeksi HIV AIDS di Kabupaten Pemalang yang mengalami kenaikan, terutama pada kalangan ibu rumah tangga menjadi perhatian Bidang Perempuan DPD PKS Pemalang. Minimnya informasi terkait hal itu menjadi salah satu faktor penyebab mudahnya ibu rumah tangga terjangkit.

Hal tersebut diangkat dalam seminar Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Perempuan yang dihelat Bidang Perempuan DPD PKS Pemalang, Minggu (4/1) di Aula SLBN Pemalang.

Ketua Bidang Perempuan DPD PKS Pemalang, Sri Hidayati, mengatakan kegiatan seminar ini bertujuan meningkatkan pemahaman perempuan dalam sejumlah persoalan pada sistem reproduksi seperti penyakit, infeksi dan bagaimana cara pencegahannya. 

“Perempuan utamanya ibu-ibu harus meningkat pemahamannya berkaitan ini. Apalagi pada perempuan yang mempunyai peran ganda. Mereka sehat maka kiprahnya semakin optimal,” ujar dia.

Bagi kader perempuan, lanjut dia, kiprah dalam dakwah juga semakin meningkat dengan diiringi kesehatan yang terjaga. Ditambahkan dia, dalam kegiatan tersebut selain seminar kesehatan, pihaknya juga menggelar sarasehan berkaitan tugas-tugas bidang perempuan di Pemalang. Untuk giat tersebut bersama dengan Woro Haswini.

Sementara pembicara dari LSM Kawan, Isyti’aroh, M.kep, Ns, SP. Kep.Mat, mengatakan berkaitan penyakit pada reproduksi perempuan secara umum kanker servik menduduki peringkat pertama penyebab kematian di Indonesia.

Angka HIV AIDS, lanjutnya, di Pemalang juga mengalami tren peningkatan.

”Tidak diduga , ternyata yang terinfeksi banyak dari kalangan ibu rumah tangga yang notabene tidak tahu apa itu infeksi menular pada organ reproduksi. Saya ingin menitik tekankan bahwa upaya pencegahan menjadi penting, agar problem tersebut tidak menimpa kita,” tandasnya aktivis LSM yang bergerak pada pencegahan HIV AIDS dan penularan penyakit reproduksi ini.

Isyti’aroh menegaskan pencegahan utama yakni dengan pola hidup sehat dan selalu setia pada pasangan. “Pencegahan utama dengan pola hidup sehat. infeksi menular seksual banyak cara penularan seperti hubungan seksual maka masing-masing pasangan harus  setia pada pasangannnya,” tegas dia.

Pihaknya mengapresiasi keterlibatan Bidang Perempuan DPD PKS dalam menjadi agen sosialisasi bersama LSM yang ia kelola. “Kami akan membagikan sejumlah leaflet terkait HIV AIDS dan penyakit menular seksual lainnya, selepas seminar ini kader perempuan PKS dapat segera mensosialisasikan pada lingkungan terdekatnya,” tandasnya. (Him/Humas)

( Him/PED )

Baca Lainnya:

UPDATE

02 Februari 2017 | 13:33 wib

Anda Jomblo? Mau Nikah? Silahkan Beli Hantaran Menarik Karya PKS Kota Semarang ini

Semarang, PKS Jateng Online – Bagi Anda yang jomblo dan hendak merencanakan menikah, pasti membutuhkan hantaran pernikahan.…


01 Februari 2017 | 16:40 wib

Habib Syech Do'akan Yaris Untuk Salatiga Hati Beriman

image Salatiga, PKS Jateng Online - Menjaga keteduhan hati masyarakat Kota Salatiga, masyarakat Kalibening Salatiga menggelar…


01 Februari 2017 | 13:48 wib

Ini Pesan KH Kamal Fauzi Untuk Kader PKS Menjelang Pilkada Serentak 2017

image Semarang, PKS Jateng Online - Memasuki tahun 2017, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Tengah…


30 Januari 2017 | 14:55 wib

Tanamkan Jiwa Kepemimpinan, Anak Kader Diajak Main Di Luar

image Semarang, PKS jateng Online – Jiwa kepemimpinan harus ditanamkan sejak kecil,  mengingat berarnya beban yang…


30 Januari 2017 | 14:52 wib

Yaris Bersama Mayarakat Salatiga, Jaga Kesehatan Lestarikan Lingkungan

image Salatiga, PKS Jateng Online - Perhelatan akbar rakyat Kota Salatiga yang tinggal menghitung hari, tak dilepas begitu saja…

© 2014 PKS JATENG ONLINE
Jl. Kelud Utara No.46, Petompon, Gajahmungkur, Kota Semarang
Telp. 024-70776373 Fax. 024- Email: info@pksjateng.or.id